SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA PANEMON KEC. SUGIHWARAS KAB. BOJONEGORO #PANEMON IMAN MAS# (Inovasi, Mandiri, Aman, Nyaman, Maju dan Sejahtera)

Artikel

Pemkab Bojonegoro Gelar Bimtek, Tingkatkan Kemampuan Digital Marketing Penerima KPP Bojonegoro

21 Maret 2022 04:54:19  admin  73 Kali Dibaca  Berita Lokal
 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro menyelenggarakan Bimtek Digitalisasi Manajemen Marketing Usaha melalui Program Kartu Pedagang Produktif (KPP). Bimtek digelar Rabu(2/3/2022) di balai Desa Panemon KecamatanSugihwaras.
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah hadir secara daring sebagai narasumber. Sedang para pejabat lain hadir secara luring, di antaranya Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UM, Camat Sugihwaras
Selain itu, peserta bimtek adalah para pelaku usaha di bidang makanan minuman dan jasa, di antaranya produk bawang goreng, lombok dan lain-lain.
Bupati Anna Mu'awanah mengawali arahannya menngungkapkan beberapa kendala usaha adalah permodalan dan pemasaran. Niat berdagang harus sungguh-sungguh. Karena masing-masing orang mempunyai talent (bakat). Agar sukses berdagang itu harus memiliki pasion, talent, teknik marketing dan lainnya.
Bupati Anna mengamati umumnya banyak pedagang yang menjalankan jenis usaha mengikuti tren usaha sekitarnya yang telah sukses. Hal tersebut boleh saja dilakukan tetapi sebaiknya memiliki pasion di bidang itu. Hal seperti itu bisa dimulai dari skala kecil dulu.
"Beberapa faktor keberhasilan usaha yaitu ketekunan dan amanah. Harus bisa menjaga kepercayaan (trust) pemberi pinjaman modal, jangan sampai trust-nya luntur. Trust kepada konsumen pun wajib dijaga dengan menjaga kualitas produk, sampel dan produk harus sama mutunya. Faktor keberhasilan lainnya adalah modifikasi produk, inovasi, kreatif, mengikuti perkembangan tren kekinian," tutur Beliau.
Berikutnya, soal market (pasar) sangat besar pengaruhnya. Yakni bagaimana dapat menjangkau pasar yang jauh lebih luas. Oleh karena itu bimtek ini mendatangkan narasumber untuk digitalisasi marketing. Agar peserta bisa menjangkau lapisan masyarakat yang lebih luas untuk memasarkan produknya.
Bupati Anna berharap narasumber digital marketing sudah menggunakan aplikasi secara online untuk diajarkan. Sehingga para peserta benar-benar mendapat manfaat digital marketing. Bagi yang selama ini belum terbiasa sistem online, maka mulai saat ini diharap bisa memasarkan sistem online.
"Pengembangan usaha tergantung talenta kita. Bagaimana harus menyikapi market dan memegang komitmen. Pemkab senantiasa terus mendorong bunga lunak agar tidak memberatkan, sekaligus dapat memutus mata rantai rentenir," tandas Bupati Anna.
Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Sukaemi, menyampaikan bahwa bimtek yang digelar di 28 kecamatan ini merupakan amanah Bupati Bojonegoro untuk dapat mengindentifikasi sejauh mana pelaku usaha di Bojonegoro ini berkembang seiring adanya Covid-19.
Pihaknya akan mendampingi para pelaku usaha produktif secara langsung terutama dalam pemasaran. Keberlanjutan dari bimtek ini akan dibentuk group WhatsApp se-Kab. Bojonegoro sehingga bisa berkonsultasi langsung dengan narasumber dan antar pelaku usaha.
Lebih lanjut Sukaemi menjelaskan pinjaman modal dari BPR Bojonegoro bagi penerima KPP tahun 2021 untuk pelaku usaha ultra mikro yang semula Rp2,5 juta, di tahun 2022 menjadi Rp5 juta dengan bunga turun menjadi 1 %. Sedangkan bagi pelaku usaha mikro bisa mengajukan pinjaman modal sebesar Rp25 juta dimana bunga tahun ini diturunkan menjadi 3 %.
Bupati Bojonegoro selalu memperhatikan pelaku usaha bagaimana berjalan dengan baik di Bojonegoro, tidak hanya di lokal tapi tingkat global. Oleh karena itu hari ini diadakan Bimtek Digitalisasi Manajemen Marketing Usaha melalui Program KPP. Pelaku usaha penerima KPP di Bojonegoro sudah memanfaatkan sebesar Rp48 miliar.
"Sehingga tahun ini Pemkab mengambil kebijakan menurunkan suku bunganya. Oleh karena itu, diharapkan semua peserta mengikuti bimtek dengan baik dan tanyakan sebanyak mungkin hal yang diperlukan," imbuhnya.
 
 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Info Umum

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

18 Juli 2021 | 687 Kali
PESAN MORAL IBADAH QURBAN
29 Juli 2013 | 682 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 338 Kali
PROFIL DESA
30 April 2014 | 263 Kali
RT RW
20 April 2014 | 256 Kali
Peraturan Pemerintah
01 September 2020 | 247 Kali
Penerbitan KTP
01 September 2020 | 244 Kali
Kartu Pedagang Produktif
15 Maret 2021 | 79 Kali
REALISASI APBDES TAHUN 2020
10 Desember 2014 | 0 Kali
14 Agustus 2017 | 0 Kali
Penerbitan KTP
14 Agustus 2017 | 0 Kali
Karang taruna
22 April 2014 | 80 Kali
Pengaduan
20 April 2014 | 256 Kali
Peraturan Pemerintah
07 Juli 2021 | 121 Kali
WARGA PANEMON BERBONDONG-BONDONG IKUTI VAKSINASI